Zhifa
A passionate young soon-to-be medical doctor with interest in writing and #HealthForAll

Sudah Tenang Belum?


"Sudah tenang belum?" adalah pertanyaan wajib yang harus saya tanyakan kepada diri sendiri setiap pagi, setiap hari. Semacam ritual lah. Pikiran-pikiran automatisasi saya, yang adalah negatif, kerap muncul pagi-pagi sekali dan menganggu niat saya menjalani hari. Kata psikiater saya, jenis pikiran yang seperti ini harus dihentikan; "kan kamu bukan dukun, kamu tidak bisa tahu apa yang ada di dalam pikiran orang lain dan kamu tidak bisa meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan, maupun menghapus yang telah terjadi di masa lalu". 

Psikiater saya memberikan satu formula untuk saya pakai, namanya 5 Minutes Rule. Jadi, saya hanya boleh memikirkan suatu hal 5 menit sebelum dan 5 menit setelah kejadiannya. Saya ga boleh tuh, memikirkan hal-hal yang terjadi tahun lalu, atau kata-kata yang dilontarkan tahun 2017, atau kejadian satu minggu yang lalu di rumah sakit, misalnya. Kata dokter saya, sebelum jadi snowball, kamu hentikan gelindingan salju-salju kecil itu. Ketika saya dilanda banjir pikiran negatif, saya harus mengatasinya dengan memikirkan hal-hal yang rasional, hal-hal yang masuk akal. 

Bismillah, semoga saya istiqomah menggunakan 5 Minutes Rule dan bisa ikhlas, tidak bersedih lagi, selalu punya niat baik dalam menjalani hari-hari dan perbuatan-perbuatan. Namanya juga Nazhifah, hati-nya harus bersih, suci dan tidak tercemar, dong! Biar bisa memenuhi niat dan harapan mama dan papa memberikan nama yang bagus ini. InsyaAllah.

Comments